beautiful ijo temple


Candi Ijo tampak depan 

Masih jadi serangkaian "pelesiran di jogja" kali ini kita singgah di candi ijo. Candi Ijo terletak Candi Ijo terletak di Dukuh Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta (source : wikipedia.org). Ini candi tertinggi yang pernah saya jajaki, dimana ternyata candi ini terletak ketinggian rata-rata 375 meter di atas permukaan laut, wuih, jadi jangan heran jika Candi Ijo bakalan rame banget pas sunset.Penggunjungnya si rata rata anak ABG macem saya, ada yang bergerombol rame rame sama temen temennya juga ada yang cuma datang berdua aja sama pacar.

Jalan menuju Candi Ijo memang nggak semulus jalanan Jogja, dengan trek menanjak dengan aspal yang sudah minta pembaharuan, membutuhkan skill untuk mengendarai kendaraan, apalagi dengan kendaraan beroda empat, karena jalan yang tersedia hanya selebar tiga meter untuk dua arah. Untuk sampai di Candi Ijo, saya dan rekan yang udah tahu betul seluk beluk kota jogja, sebut saja dia Bang Agra, memillih membelah pedesaan jogja. selain nggak bakalan panas karena kita pake kendaraan beroda dua, juga udaranya masih seger banget karena masih banyak sawah dan pepohonan. Sebelum sampai di Candi Ijo, kita bakalan di suguhi oleh pemandangan penambangan batu kapur.Selebihnya kita melihat hutan dan semak belukar. 

Komplek Candi Ijo terdiri dari 3 candi kecil dan satu candi utama.Candi Ijo sendiri udah mengalami pemugaran di tahun 2013. candi induk (satu telah dipugar), candi pengapit, dan candi perwara. Candi induk yang sudah selesai dipugar menghadap ke barat. Di hadapannya berjajar tiga candi yang lebih yang lebih kecil ukurannya yang diduga dibangun untuk memuja Trimurti: Brahma, Wisnu, dan Syiwa. Ketiga candi perwara ini menghadap ke arah candi utama, yaitu menghadap ke timur. Ketiga candi kecil ini memiliki ruangan di dalamnya dan terdapat jendela kerawangan berbentuk belah ketupat di dindingnya. Atap candi perwara ini terdiri atas tiga tingkatan yang dimahkotai barisan ratna. Candi perwara yang berada di tengah melindungi arca lembu Andini, kendaraan Dewa Syiwa (Source : wikipedia.org).

Keistimewaan Candi Ijo adalah letaknya. Dia berada di atas bukit dengan panorama bandara Adisucipto dan Pantai Parangtritis. Candi Ijo sendiri menghadap ke arah barat, ideal banget kan kalo buat nonton sunset.


Sunsetnya Candi Ijo

Sore ini saya dan temen temen lagi beruntung banget dapet sunset ya walaupun agak agak terhalang awan lah, tapi nggak ngurangi panoramanya kok.
Kalo berkunjung ke Candi Ijo lebih baik sampai disini sebelum pukul 5, karena bisa nikmatin sunset juga leyeh leyeh dengan semilih anginnya, yang bawa layangan sok mangga, ada tanah lumayan lapang di sekitaran candi yang bisa di manfaatkan untuk bermain bahkan juga bisa untuk piknik keluarga tapi harap membawa makanan sendiri karena di Candi Ijo belum ada penjaja makanan tetap, tapi tetep dong sampahnya di bawa pulang biar nggak ngurangi keeksotisan dari Candi Ijo.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rasa

sunday is hard work

Cerita lain tentang hujan